Jika datang ke Sofia, maka wajib mengunjungi Katedral St Alexander Nevsky. Katedral berkubah emas ini dibangun pada tahun 1912 sebagai peringatan untuk tentara rusia, ukrania, belarussia dan bulgaria yang mati pada perang  Russo-Turkish pada tahun 1877-1878, untuk melepaskan Bulgaria dari kekuasaan Ottoman.

St Alexander Nevsky Cathedral, Sofia

St Alexander Nevsky Cathedral, Sofia

Yang memukau dari gereja ini adalah arsitekturnya yang bergaya Neo-Byzantine, gaya arsitektur yang berkembang sekitar tahun 1850 di negara-negara di bawah kekuasaan kekaisaran Alexander II of Russia (1855–1881). Kubah emasnya setinggi 45 meter dengan lonceng gereja setinggi 20 meter dan total 12 lonceng seberat 23 ton.Lukisan fresco menjadi salah satu khas Katedral ini, sekitar 300 ikon dan fragmen fresco menghiasi dinding katedral ini. Fresco di bagian kubah merupakan salah satu yang paling mengesankan. Dekorasinya terbuat dari marmer Itali yang berwarna-warni, batu onix dan alabaster. Selain menjadi ikon Bulgaria, katedral ini merupakan salah satu katedral ortodox timur terbesar di dunia, dan kedua terbesar di wilayah Balkan. Katedral ini memiliki luas 3.170 m2 dan dapat menampung hingga 10.000 orang di dalamnya.

Berbeda dengan kondisi gereja-gereja lainnya di Eropa, kondisi katedral ini tidak terlalu baik. Saat berkunjung terlihat beberapa dinding dan lantai yang retak, kondisi lukisan di dinding juga mulai rusak akibat rembesan air. Pencahayaan juga sangat minim hingga sulit untuk bisa menikmati keindahan fresco dis eluruh bagian Katedral. Namun di saat yang bersamaan, pencahaTampaknya pemerintah Bulgaria tidak memiliki dana yang memadai untuk melakukan restorasi gereja ini. Pengunjung yang masuk juga tidak perlu membeli tiket, sehingga gereja tidak memiliki cukup dana untuk merawat gereja dengan baik. Ini perbedaan mendasar antara tempat bersejarah di negara maju dan negara berkembang. Negara maju memahami pentingnya restorasi sebagai bagian dari sejarah nasional dan seni sehingga mereka memprioritaskan dana untuk restorasi.

Follow my blog with Bloglovin