Kalau kamu punya mimpi untuk travelling tapi takut terbang, jangan khawatir. Kamu gak sendirian. Banyak orang yang takut untuk terbang dan menjadi stress selama penerbangan. satu-satunya melatih rasa takut adalah dengan mengelola rasa tersebut. Sulit untuk menghilangkan ketakutan, tapi ketakutan adalah sesuatu yang bisa dikendalikan sehingga ketakutan tidak lagi mengendalikan hidup kamu. Berikut beberapa tips untuk mengurangi stress saat terbang, coba lakukan setiap kamu terbang dan kenali tips yang mana yang palis pas buatmu.

Tempat duduk

Kalau kamu tahu bahwa sumber ketakutanmu adalah soal ketinggian, sebaiknya kamu tidak ambil tempat duduk di dekat jendela. Saat check-in, minta staff penerbangan untuk memilihkan tempat dudukmu di koridor, bukan di jendela. Namun kalau ketinggian bukan sumber ketakutanmu, saya akan sarankan ambil tempat duduk di dekat jendela, siapa tahu dengan melihat pemandangan cantik dari jendela akan membantumu merasa lebih tenang dan pelan-pelan menyukai penerbangan karena keindahan pemandangannya. Melihat pegunungan, sungai, laut atau awan putih selalu menakjubkan buat saya.

Telinga saya sakit kalau terbang

Telinga yang sakit saat terbang, terutama saat take off biasanya karena perbedaan tekanan udara. Sakitnya biasanya akan lebih parah jika kamu sedang pilek atau sinusitis. Salah satu tipsnya adalah dengan menelan atau mengemut sesuatu, itu kenapa pramugari biasanya membagikan permen sebelum take off. Permen bisa membantumu mengurangi resiko nyeri telinga akibat perubahan tekanan. Cara lainnya bisa dengan menelan ludah sembari memencet hidung. Lakukan secara berkala sampai kamu merasa tekanan di telinga berkurang. Tips yang sama biasanya di ajarkan saat menyelam, karena saat menyelam juga terjadi perubahan tekanan udara.

Mabuk Udara

Hmm, yang satu ini yang lebih susah untuk diatasi. Ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengatasinya, bisa dengan mengkonsumsi obat anti mabuk seperti antimo, atau untuk perjalanan jauh bisa minum obat tidur. Kalau kamu mabuk udara, pastikan perutmu tidak dalam keadaan penuh saat akan terbang. Perut yang penuh akan membuat mual dan muntahmu semakin parah. Salah satu tips jadul adalah dengan memasang koyo cabe di bagian udel perut, saya selalu melakukannya. Saya belum menemukan alasan sains dibalik tips ini, tapi sejauh ini tips tersebut lumayan berhasil.

Relaksasi

Ada banyak cara untuk relaksasi, kamu bisa mendengarkan musik favoritmu, membaca atau menonton film. Beberapa penerbangan biasanya menyediakan pilihan hiburan majalah, musik atau film. Buat saya relaksasi yang paling manjur adalah tidur.

Pijat

Yang jelas belum ada penerbangan manapun yang menyediakan layanan pijat di dalam pesawat. Tapi kamu bisa melakukan teknik pijat sederhana untuk mengurangi pegal pegal atau sekedar mengurangi stress. Berikut beberapa teknik pijat yang bisa kamu coba selama penerbanganmu.

 

kaki

Saat kita khawatir, tanpa kita sadari seringkali kita menekuk jari-jari kaki. Lepas sepatumu dan naikan kakimu ke atas tempat duduk. Gerakan jari-jarimu keluar dan kedalam sehingga terasa tidak kaku, lalu lakukan pijatan dengan kedua jempolmu ke arah luar. Lakukan beberapa saat lalu lakukan pada kaki satunya lagi.

wajah

Kita juga secara tidak sadar kadang mengerutkan dahi saat stress, kerutan di dahi menarik otot-oto wajah lainnya sehingga menjadi tegang. Gunakan jari-jari tanganmu memijat lembut di bagian dahimu, ketuk pelan-pelan beberapa kali. Ulangi di bagian wajah yang lain sampai kamu merasa lebih rileks.

Panic Attack!!

Kalau kamu tiba-tiba merasa panik, lakukan teknik bernafas berikut ini. Setiap kali mulai panik, lakukan cara yang sama.

relaksasi kaki saat penerbangan

Duduk dengan nyaman dengan kedua kaki di lantai. Tekan paha dengan menggunakan kedua tangan dan tegakkan tulang belakangmu. Ambil nafas dalam-dalam melalui hidung. Rileks, keluarkan nafas pelan-pelan. Ulangi.

nafas saat penerbangan

Tempatkan kedua tanganmu di bagian perut. Tekan perutmu dan pada saat bersamaan ambil nafas sehingga terasa menekan keluar di bagian perut. Rileks, keluarkan nafas pelan-pelan. Ulangi.

Semoga tips tersebut berguna dan kamu bisa mulai merencanakan mimpi perjalananmu tanpa takut terbang lagi. Kalau kamu punya tips lain yang bisa di bagi, hubungi saya supaya bisa saya tambahkan di sini.

Happy travelling ūüôā