The 7 Rila Lakes atau 7 Danau Rila merupakan salah satu tujuan wisata utama di Bulgaria. 7 Danau Rila berada di kawasan taman nasional dan pegunungan Rila yang terletak di Barat Laut Bulgaria, sekitar 2 jam perjalanan dari Sofia. Banyak orang pernah mendengar tentang keindahan danau-danau gletser ini, namun tidak semua orang berani melakukan perjalanan ke 7 Danau Rila karena lokasinya yang berada di ketinggian 2100 -2500 meter. Untuk menuju ke sana harus mendaki dengan kondisi berbatu dan terjal. Kondisi pendakian yang terjal ini tidak seberapa dibandingkan keindahan panorama yang bisa dinikmati selama perjalanan. Waktu terbaik untuk melakukan pendakian adalah di musim panas, karena cuacanya tidak terlalu dingin. Di musim dingin biasanya tempat ini digunakan untuk bermaain ski.

Setiap danau memiliki nama yang unik. Danau yang tertinggi bernama ‘The Tears’ karena airnya yang sangat jernih. Danau kedua tertinggu bernama ‘The Eye’ karena bentuknya yang oval seperti mata. Danau yang paling dalam bernama ‘Okoto’, dan yang lainnya bernama ‘The Kidney’, ‘The Trefoil’, ‘The Fish Lake’ dan ‘The Twin’ yang bentuknya seperti kembar dan merupakan danau terluas.

the twin lake

The Twin Lake

Apa yang harus disiapkan

Jangan lupa untuk membawa sunscreen, jaket, air minum dan makanan untuk makan siang. Gunakan sepatu hiking, jika tidak ada gunakan sepatu olahraga biasa. Kalau kamu suka memotret, pastikan bawa batre cadangan karena saya jamin kamu akan terlena dengan pesona keindahannya dan sibuk memotret. Saya sarankan juga membawa tisu basah, tidak ada toilet umum di atas sana!

Transportasi

Ada beberapa cara untuk menuju ke sana, diantaranya dapat menggunakan bis umum, sewa mobil atau dengan shuttle bus. Dengan pertimbangan menghemat waktu dan hanya ingin melakukan day trip, saya memilih menggunakan shuttle bus dari Sofia. Jika kamu punya waktu lebih banyak kamu bisa naik bis umum dan melakukan kemah atau tidur di penginapan yang tersedia di salah satu danau. Perjalanan akan dimulai di pagi hari, sekitar jam 7 saya dijemput di tempat saya menginap. Perjalanan berdurasi sekitar 2 jam dan shuttle bus akan berhenti tepat di dekat tempat pembelian karcis untuk lift atau kereta gantung. Shuttle bus akan menjemput di tempat yang sama pada pukul 4.30 PM

Rute Hiking

Titik pendakian biasanya dimulai di area ski Panichishte. Ada dua cara untuk menuju Panichishte, pertama dengan menggunakan kereta gantung atau mendaki melalui jalur yang sudah disediakan. Untuk menghemat waktu dan tenaga, saya memilih kereta gantung. Harga tiket per orang untuk pulang pergi sekitar 9 Euro. Perjalanan dengan kereta gantung ini berdurasi sekitar 20 menit dengan panjang kurang lebih 2 kilometer. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhi panorama pegunungan yang mempesona.

kereta gantung

Kereta Gantung

Setelah tiba di titik pendakian, kamu bisa memilih dua jalur pendakian. Pertama adalah jalur atas dimana kondisinya cukup terjal, atau rute bawah dengan kondisi yang lebih landai. Saya memutuskan mengambil jalur atas karena ingin melihat panorama dengan jangkauan mata lebih luas. Setelah sempat berkali.kali istirahat dan tergopoh-gopoh, akhirnya saya tiba di atas. Semua rasa capek hilang setelah melihat panorama yang sangat indah. Meskipun jalur atas kondisinya cukup terjal, namun setelah mencoba jalur bawah untuk rute pulang, ternyata jalur atas merupakan jalur terpendek menuju ke danau.

Saya memulai pendakian pukul 9.30 AM dan tiba di danau pada pukul 12.30 PM, istirahat dan makan siang sebentar lalu mulai melakukan perjalanan pulang. Saya tiba di bawah pada pukul 3 PM, jadi total durasi sekitar 5,5 jam. Ini adalah durasi untuk pendaki pemula dan perokok seperti saya. Jika kamu terbiasa mendaki, kamu bisa melakukannya lebih cepat.

Sayangnya, tidak ada peta atau informasi rute pendakian dalam bahasa inggris. Saya mengalami sedikit kesulitan dan sempat tersesar ketika dalam perjalanan pulang. Karena terbiasa mendaki di Switzerland yang memiliki fasilitas peta dan informasi yang bagus, kali ini saya dipaksa mengandalkan kemampuan navigasi manual.