Hallo guys, setelah seminggu travelling sendiri di jerman, saya mengumpulkan beberapa tips ini buat kamu yang tertarik melakukan perjalanan singkat di Jerman :

Moving around:

a. Trip pake kereta jauh lebih murah dan nyaman, beli German Rail Pass (GRP) dan bisa travelling seharian penuh pake kereta. Dalam satu hari bahkan bisa sampai dua tiga tujuan. Misal, tujuan kita Berlin, ambil kereta tengah malam (setelah jam 00:00) dan berhenti di Leipzig di pagi hari, bisa day trip di Leipzig selama 10-12 jam, lalu malamnya sekitar jam 9 ambil kereta lain ke berlin. Jika beli tiket terpisah harganya bisa sampai 200 Euro, tapi dengan german rail pass jadinya hanya 45 Euro.

b. GRP buat pasangan atau group malah lebih murah. Contoh, saya ambil GRP non-consecutive days seharga 149 Euro, tapi kalo pasangan cuma 179 Euro.

c. Selama satu minggu saya travelling Schaffhausen-Frankfurt-Leipzig-Berlin-Cologne-Bonn-Schaffhausen cuma ngabisin 2 day ticket, berarti ngabisin sekitar 95 Euro. Padahal sekali naik pesawat (gak return) aja ke Berlin bisa ampe 100Euro. Kalo naik kereta satu demi satu, total bisa ampe 200-an Euro.

d. GRP juga kasih discount di banyak tempat dan bonus day trip river boat di Cologne. Lu bisa naik kapal di sepanjang sungai Rhein seharian.

e. Daripada ambil tour hop-on hop-off (15Euro),lebih baik ambil day ticket (6,7Euro) dan kamu bisa pake semua moda transportasi selama sehari penuh sampai Pkl 03.00 keesokan harinya.

f. In case lo gak butuh day ticket, lu juga bisa beli tiket satu kali perjalanan. Supir bis kota gak suka kalo kita mau beli tiket pake notes gede, let say 50 Euro, akhirnya mereka akan nyuruh kita duduk tanpa bayar, gratis!!

Sanssoucci palace, Postdam

Sanssoucci palace, Postdam

Eating

a. Banyak makanan di pinggir jalan yang murah meriah, salah satunya bratwurst atau sosis dan satu kepal roti seharga 1,3-1,7Euro.

b. Lebih hemat lagi kalo lo langsung belanja di supermarket. Kamu bisa gunakan dapur bersama di hostel buat masak atau beli makanan kayak roti dan daging yang gak perlu dimasak lagi (Cold Meal).

c. Beli makanan yang porsinya gede dan di take away. Saya biasa beli nasi goreng atau mie di warung asia dan di take away.Harga kisaran 3-5Euro, karena porsinya gede bisa dua kali makan. Bisa kamu hangatkan di dapur hostel.

d. Air minum bisa langsung diminum dari keran, kalo punya botol minum sendiri lebih enak, atau beli aja satu botol dan di isi ulang kapan saja di keran.

e. Mau makanan halal? banyak warung turki, pasti mereka punya makanan yang jelas halal.

Sleep well

Suasana kamar sebelum dan setelah anak sekolah check-out

Suasana kamar sebelum dan setelah anak sekolah check-out

a. Cari akomodasi gratis bisa lewat www.couchsurfing.org tapi pastikan lu juga punya cukup waktu buat ngobrol sama host elu. Selain CS masih banyak platform lain yang bisa digunakan, tapi ingat bahwa konsepnya adalah bertukar budaya, jadi jangan perlakukan host kayak shelter.

b. Atau bisa cari hostel murah, sekamar bisa 4-6 orang ratenya bisa antara 9-14 Euro saat weekdays dan 12-22 Euro di weekend. Kalo nginep di A&A hostel dapet 10% diskon dengan GRP.

c. Bisa lebih hemat lagi kalo lo ambil kereta malam atau bis malam. Selain menghemat biaya akomodasi, juga mengoptimalkan penggunaan GRP. Pastikan ambil kereta sehabis tengah malam supaya bisa visit dua kota dalam satu hari. Jangan khawatir nunggu kereta malam, di Berlin banyak bar buat nongkrong dulu atau bisa nunggu di stasiun juga.

Khusus tip hostel, biasanya banyak hostel yang dipake sama group sekolah, kayak tur sekolah gitu, biasanya anak smp atau sma. Kalau mau suasana yang gak rame, minta resepsionis supaya gak sekamar sama mereka. Anak anak sekolah biasanya pada jorok jorok banget, di banyak hostel jendelanya gak bisa dibuka lebar, cuma ngandelin AC doang atau ventilasi kecil, alhasil kamar bakal bau banget dan kamu gak bakal betah. Kamu juga bakal liat baju, kaos kaki dan CD kotor berserakan di lantai. Really, you don’t want to see that when you arrived in your room after a long and tiring day 😉

Stay Connected and Get Direction

a. Pastikan lu udah baca info travel tempat tujuan elu. Yang gue rekomendasiin : Wikitravel atau tripadvisor.

b. Gak jaman lagi kalo masih bawa peta manual. Hari gini jamannya google map. Gak cuma dapet peta, kamu juga bisa dengan mudahnya menemukan tempat menarik di sekitarmu atau cari mode transport dari satu tempat ke tempat lain.

c. Beli prepaid simcard, harga sekitar 3-9 Euro tergantung provider nya. Biasanya sudah termasuk telp dan sms gratis, plus 200mb.

d. Jerman juga punya jaringan Youth Hotspot yang lumayan oke dan tersebar luas. Kamu bisa download app nya dan bisa cek wifi gratis di sekitar elu.

e. Biasanya waktu ada wifi, saya akan searching semua tempat menarik di google map dan kasih tanda bintang (save). Jadi saat offline masih tetep bisa cek lagi. Bahkan map bisa disimpen offline.

f. Susah nyari colokan listrik. Jadi pastikan punya batre cadangan. Kalo nggak, non-aktifkan semua wifi, bluetooth dan gps. Hanya di aktifkan waktu butuh aja Misal, pas mau nyari direction dan transport dari satu tempat ke tempat lainnya.

g. Di banyak tempat ada tourism guide. Kamu bisa akses audio online dari website mereka, atau bisa dengarkan melalui jaringan telp dengan menghubungi no telp tertentu. Misal di Potsdam, gue bisa akses website mereka untuk mendengarkan audio guide tentang Sanssouci palace atau simply menelpon. Nah, kalo beli prepaid simcard, bisa pake tlp gratisnya dan menghemat pulsa internet. Inget lho, audio guide lumayan gede sizenya.

h. Dengan pulsa internet, sms dan telpon gratis, kamu gak butuh tour guide lagi. Gak perlu keluar budget extra dengerin cincong tour guide, your smartphone is your tour guide.

Brandenburg Gate, Berlin

Brandenburg Gate, Berlin

Keep Clean

a. Toilet mahal bo, buat pipis aja antara 0,50-1 Euro dan kadang jauh.

b Atau cari cafe, biasanya mereka punya toilet khusus buat customer. kalo gak beli biasanya tetep harus bayar. Nah triknya adalah, kamu cari yang ada antriannya terus kamu ikut ngantri. Pastikan waitress liat kamu ngantri, terus setelah beberapa saat kamu pura2 tanya waitressnya dimana toilet. Mereka pasti pikir kamu bakal beli, jadi bakal dikasih akses 🙂

Others :

a.Mau day trip tapi males jinjing koper atau bawa backpack? Gak masalah, hampir tiap stasiun punya loker, jadi kamu bisa taruh backpack atau koper di loker dan melakukan day trip. harga antara 2-6 Euro tergantung waktu dan lokasi.

b. Kadang capek kalo naik kereta malam, tidur di kursi gak sama kayak berbaring. Don’t worry, banyak taman, kamu bisa tidur or napping di taman.

Gereja leipzig

Gereja St Thomas, salah satu tempat Bach memainkan karyanya di Leipzig

Deutsche Bahn

Tipe kereta Deutsche Bahn (DB)